Sejarah

PROFIL PP. MATHALI’UL ANWAR
PANGARANGAN SUMENEP

 

Latar belakang

Pondok Pesantren Mathali’ul Anwar didirikan oleh (Alm.) Kyai Abdullah bin Husain pada tahun 1930 (Ada yang juga menyebutkan 1933 M.) di kabupaten Sumenep Madura. Pendirian itu berawal dari inisiatif beliau untuk mengembangkan pendidikan islam dan mensyiarkannya, sebagai upaya meneruskan sunnah dan perjuangan Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallama. Dengan kata lain, pendirian Lembaga Pendidikan Pondok Pesantren Mathali’ul Anwar ini bertujuan menjadi langkah alternative dalam mengembangkan keilmuan dan keislaman serta perbaikan akhlaq dimasyarakat pada umumnya dan para pemuda pada khususnya.

Pada awal berdirinya, Pondok Pesantren Mathali’ul Anwar menggunakan sistem pendidikan salafiah yaitu pendidikan yang konsentrasi pengajarannya focus pada kajian-kajian kitab keislaman dengan metode klasik.Meski demikian, para santri yang berkeinginan untuk menuntut ilmu pendidikan formal seperti PGA (Pendidikan Guru Agama) setingkat SLTA masa itu diizinkan untuk menimba ilmu pendidikan diluar Pondok Pesantren Mathali’ul Anwar.

Pada tahun1985, Kyai Abdullah bin Husain menunjuk putranya yaitu KH. Muhammad Said Abdullah untuk melanjutkan pendidikan Pondok Pesantren Mathali’ul Anwar sekaligus jadi pengasuh hingga saat ini. Dewasa ini, pengembangan Pondok Pesantren Mathali’ul Anwar melakukan berbagai penyesuaian dan strategi. Hal itu ditempuh sebagai langkah menjawab tantangan perkembangan masyarakat, narasi-narasi keilmuan dan teknologi yang banyak menuntut dan peningkatan dan inovasi dibidang pendidikan dan kesejahteraan sosial. Penyesuain dan strategi itu diambil dalam rangka memberdayakan dan mengembangkan sumberdaya yang ada secara optimal. Karena itu pengembangan dan pembaharuan pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan tertua, perlu digalakkan terus.

Sejalan dengan tuntutan perkembangan tersebut, Pondok Pesantren Mathali’ul Anwar selain mengadakan pengajian kitab–kitab kuning, juga mengembangkan pendidikan formal, antara lain Sekolah Menengah Pertama (SMP YAS’A) dan Sekolah Menengah Atas (SMA YAS’A).